Monday, April 1, 2013

Komponis dan Ahli Musik Dunia



 
Sudah sejak dulu musik tidak pernah kepas dari kehidupan manusia. Berabad-abad yang silam, orang telah mulai mengenal bunyi-bunyian. Pada periode zaman purba, suku-suku primitif telah mengenal aneka bunyi-bunyian untuk keperluan upacara dan ritual lainnya.

Pada awalnya musik berdasarkan pada satu nada atau lagu. Kemudian beberapa nada digabungkan menjadi satu nyanyian atau sepotong musik. Komponis pertama yang berhasil menggabungkan aneka nada adalah Palestrina dari Italia dan William Byrd dari Inggris.

Pada babak berikutnya, dari nada yang digabungkan tadi berkembang menjadi serangkaian musik yang disebut Opera, yaitu sebuah cerita yang diiringi musik dan dipadu dengan dialog dan nyanyian. Kata lain Opera adalah gabungan musik dan kata yang dirangkai menjadi sebuah cerita.

Karya musik juga dapat berupa sebuah instrumen musik saja atau dapat digabungkan dalam sebuah orchestra. Musik orchestra juga disebut musik klasik. Komponis besar musik klasik diantaranya adalah Sebastian Bach, Handel, Haydn, Mozart dan Beethoven.

a.      Johann Sebastian Bach


Johann Sebastian Bach lahir pada 31 Maret tahun 1685 dari sebuah keluarga musikus di Jerman. Sebastian Bach adalah komponis paling terkenal sepanjang zaman. Bermula dari bermain organ disebuah gereja yang berhasil menggubah prelude (bagian pembukaan) organ dan fugues (bagian yang diubah agar menjadi kontras), kemudian ia dikukuhkan menjadi musikus diistana Cothen. Sebagai pemain organ di Leipzig, ia menggubah musik gereja diantaranya St. Matthew dan St. John Passions. Wilhelm Friedmann, Carl Philipp Emanuel dan Johann Christian adalah ketiga anaknya yang mengikuti jejaknya menjadi musikus terkenal. Sebastian Bach meninggal pada 28 Juli 1750.

b.      George Frederick Handel


George Frederick Handel lahir di Jerman pada 23 Februari tahun 1685, kemudian menetap di Inggris pada tahun 1771. Sebagai komponis opera terkenal dengan Oratorio (gubahan lagu untuk nyanyian dan orkes) yang biasanya besifat keagamaan. Karya terkenalnya adalah Samson dan Judas Maccabeus. Handel meninggal pada 14 April tahun 1759.

c.       Franz Joseph Haydn


Franz Joseph Haydn lahir di Wina pada 31 Maret tahun 1732, Austria dari keluarga yang kurang mampu. Berawal dari kesenangannya pada musik sejak kecil, lalu menjadi anggota sebuah paduan suara gereja di Wina. Ketika remaja, Haydn ikut bermain grup band keliling, mengajar musik dan menggubah lagu. Dia juga berhasil menggubah lagu kebangsaan untuk negaranya sendiri. Haydn meninggal pada 31 Mei tahun 1809.

d.      Wolgang A. Mozart


Wolgang Ameudeues Mozart lahir di Salzburg, Austria pada tahun 1756. Sejak usia lima tahun, Mozart sudah ikut tour musik bersama ayahnya ke istana-istana di Eropa. Karya-karya musiknya orisinil, walaupun ia berkawan dekat dengan Haydn. Mozart mulai menggubah opera pada usia 12 tahun.
Salah satu simfoni terbesarnya “Symphony Of a Thousand” dimainkan tidak kurang dari 750 orang pemain. Karya terkenal lainnya seperti “Perkawinan Figaro” dan masih banyak lagi. Karya terakhir yang diciptakannya sebelum meninggal adalah lagu “Misa Requim”. Ia meninggal pada 5 Desember tahun 1791.

e.      Beethoven


Ludwig van Beethoven lahir pada tahun 1770 di Bonn, Jerman. Ia mulai belajar pada Haydn di usianya yang ke dua puluh tahun saat ia pindah ke Wina. Banyak karya-karya simfoni, sonata dan nyanyian yang ia ciptakan, sampai pada akhirnya ia mengalami tuli dan tidak dapat meminkan piano ketika konser. Ia meninggal pada 26 Maret tahun 1827.

Sumber :

No comments:

Post a Comment