Wednesday, April 3, 2013

Laporan Wisata di SeaWorld Indonesia


Seaworld Indonesia adalah sebuah taman biota laut yang tepatnya berada di Taman Impian Jaya Ancol. Luas area Seaworld adalah sekitar 3 hektar dengan luas bangunan utama 4.500 m2 berisi berbagai macam akuarium, terowongan Antasena, Glow Theater, perpustakaan, tempat penjualan makanan dan toko souvenir.


Seaworld buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Harga tiket masuk seaworld untuk hari kerja adalah Rp. 60.000.


Terowongan Antasena adalah sebuah akuarium utama atau akuarium raksasa berupa terowongan yang dindingnya terbuat dari akrilik bening sehingga memungkinkan pengunjung untuk melihat-lihat berbagai ikan laut yang ada disana. Sepanjang terowongan ini, pengunjung merasa seolah-olah berada didasar laut, karena berbagai jenis ikan yang berenang dapat dilihat melintasi kepala atau berenang disamping kanan dan kiri pengunjung.


Pengunjung dapat masuk ke terowongan akuarium ini yang panjangnya ± 80 meter, sepanjang terowongan ini pengunjung dapat bergerak maju kedepan dengan hanya berdiri diatas sejenis alat ban berjalan. Tetapi alat ini bergerak dengan sangat lambat dan terkadang macet. Akuarium utama ini merupakan akuarium terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung air laut hingga lima juta liter dengan kedalaman berkisar antara 4,5 dan 6 meter.

Sedangkan Glow Theater adalah tempat pemutaran video dokumentasi sekelompok peneliti hewan dan tumbuhan laut yang menyelami lautan hingga sampai pada dasarnya. Pemutaran video dokumentasi ini berlangsung selama satu jam. Selama satu jam itu, pengunjung disuguhkan pemandangan laut yang benar-benar indah.

Terdapat berbagai macam dan warna karang, hewan laut, dan tanaman laut yang bergoyang mengikuti gerakan air. Lalu mereka berlanjut untuk menyelam lebih dalam, dimana hewan-hewan laut bertubuh transparan dan berbentuk aneh tinggal. Ada hewan dengan tubuh seperti laba-laba dengan kaki yang sangat tinggi dan panjang.

Dalam usaha memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam, maka SeaWorld Indonesia memiliki berbagai koleksi mulai dari biota perairan tawar, terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia. Sedangkan untuk spesies ikan laut Indonesia sendiri terdapat sekitar 3500 spesies atau sekitar 37% dari jumlah jenis spesies ikan laut di dunia.

Salah satu jenis ikan yang dapat dilihat di SeaWorld adalah ikan Dugong atau biasa juga disebut ikan Duyung. Akuarium yang menampung dua ikan Dugong didalamnya dengan ukuran yang sangat besar ini terletak didekat pintu masuk. Terdapat atraksi pemberian makan untuk ikan bertubuh tambun ini, yaitu pukul 12 siang dan 2 siang. Seorang petugas dengan seragam dan perlengkapannya memasuki akuarium dan ke dua ikan Dugong yang tampak telah terbiasa dengan petugas yang memberinya makan langsung saja menghampiri tangan petugas yang terjulur dan menggenggam rumput.

Suasana SeaWorld sangat ramai, karena terdapat siswa-siswa dari beberapa sekolah dasar yang sedang berkunjung.  Kemudian ada juga tempat khusus diawetkannya hewan-hewan laut langka yang sudah mati. Ditempat ini ada seekor ikan purba Coelacant (baca: ikan Selakan) yang telah diawetkan. Ikan yang telah dianggap punah ini berhasil ditemukan pada tanggal 25 November 2008 di perairan Pulau Talise, Manado, Propinsi Sulawesi Utara, Pulau Sulawesi.

No comments:

Post a Comment